Hasil gambar untuk blok situs dengan web proxy
A. Pendahuluan

Web Proxy adalah website berbasis proxy server yang bertindak sebagai perantara untuk menerima / melakukan request terhadap kontent dari sebuah jaringan internet atau intranet.
B. Latar Belakang
    Web proxy merupakan salah satu fitur pada mikrotik yang digunakan untuk memblokir web. Jadi dengan menggunakan web proxy kita dapat memblokir web yang memiliki konten yang tidak seharusnya.

C. Alat dan Bahan
     1. PC
     2. Mikrotik RB941
     3. Kabel UTP
     4. Winbox
     5. Internet

D. Maksud dan Tujuan
     Kita dapat memblokir web yang mengandung konten yang tidak baik.

E. Pembahasan
   Pada MikroTik terdapat bebrapa fitur yang digunakan untuk memblokir situs yang dalam situs tersebut terdapat konten yang tidak baik untuk dilihat. Fitur - fitur tersebut antara lain adalah Web Proxy, Address List, dan Layer 7 protocol.
    Web Proxy merupakan sebuah web berbasis proxy server yang bertindak sebagai perantara untuk menerima / melakukan request terhadap konten dari sebuah jaringan internet atau intranet. Proxy server bertindak sebagai gateway untuk setiap komputer client. Web Server yang menerima permintaan dari web proxy akan menerjemahkannya, dan seolah-olah permintaan tersebut langsung dari komputer klien. Dan dalam proses pengiriman data, ip address tidak terdeteksi karena telah disembunyikan terlebih dahulu oleh proxy. Tapi ini hanya dapat digunakan untuk memblokir situs yang HTTP tidak bisa untuk HTTPS. Langsung saja kita lakukan konfigurasinya.

1, Masuk pada menu IP => Web Proxy. Checklist pada enable, dan isikan portnya. Port Web Proxy 8080. Lalu Apply=>OK.

2. Lalu masuk pada menu IP => Firewall => NAT. Beri Chain (dst.nat), Protocol (tcp), Dst. Port (80), dan In Intterface (Wlan1).


3. Lalu pilih Action (redirect), dan isi portnya To Ports (8080).


4. Lalu masuk kembali pada menu IP => Web Proxy. Lalu isi Dst.Host dengan nama web dengan format *namaweb*. Pilih Action (deny). Lalu Apply => OK.


5. Lalu buka web browser dan kita coba. Jika hasilnya seperti gambar dibawah, maka konfigurasi telah berhasil.


F. Refrensi
    https://mikrotik.id/