A. Pengertian

   DNS (Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalnya Internet.

B. Latar Belakang

   Pada umumnya, para pengguna internet lebih memilih menggunakan nama host dan domain ketimbang menggunakan alamat IP. Karena alasan lebih simple dan mudah saat browsing di internet. Untuk itulah, DNS sangat dibutuhkan dalam hal ini.

C. Maksud dan Tujuan


   Supaya lebih paham mengenai DNS, dan dapat mengerti fungsi serta cara kerja DNS dalam jaringan internet.

D. Pembahasan

   DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web (domain) menjadi alamat IP di internet.

   Dengan adanya DNS, kita tidak perlu kesusahan menghapal alamat IP dari suatu situs di internet. Coba kita bayangkan, banyak sekali nama situs populer di internet yang mungkin sering kita kunjungi misalnya facebook.com atau google.com dan andaikan DNS tidak ada maka kita harus mengetahui alamat IP tiap situs yang berbeda-beda alamatnya. Misalnya facebook.com adalah 192.178.10.3 dan google.com adalah 186.45.68.19, hal ini tentu akan membuat waktu kita terbuang cukup lama hanya untuk mengakses suatu situs di internet karena sibuk mencari alamat IP dari situs tersebut.

   Cara kerja DNS, akan kita analogikan seperti ini. Misalnya, kita pergi ke sebuah hotel untuk mengunjungi teman, maka hal yang akan kita lakukan adalah menanyakan kepada resepsionis di kamar nomor berapa teman kita itu menginap. Dan tentu saja, kita harus memberitahu nama teman kita itu dan resepsionis akan memeriksa database hotel yang kemudian akan memberi tahukan nomor kamar dari teman kita tersebut.

   Sekarang, kita perjelas. kita adalah klien yang mengirimkan permintaan ke server DNS, si resepsionis. Teman kita itu adalah nama domain dan nomor kamar itu adalah alamat IP. Jadi kita memberitahukan nama domain ke server DNS, dan kemudian server DNS akan mencarikan nama domain tersebut berdasarkan alamat ip-nya.

   Fungsi utama DNS adalah menerjemahkan atau mengubah nama domain menjadi deretan angka IP. Contohnya bila kita akan membuka sebuah website, biasanya kita menggunakan deretan nama atau huruf karena lebih mudah dihafal seperti facebook.com dan sebagainya dibandingkan kita harus menuliskan IP Address dari server website tersebut.

   Misal, nama domainnya adalah www.indotekaje.com yang konvensi atau pengubahan penamaan itu dimulai dari kanan ke kiri, kemudian untuk alamat IP dari kiri ke kanan. Dalam nama domain untuk indotekaje, pertama-tama DNS akan memeriksa .COM yang mana merupakan domain tingkat atas. Lanjut lebih dalam, indotekaje merupakan sub-domain untuk com, sedangkan www adalah sub-domain ke domain indotekaje. Tanda titik (.) itu digunakan untuk memisahkan domain dari sub-domain tersebut.

E. Kesimpulan

   Dapat kita simpulkan bahwa fungsi utama DNS adalah untuk menggantikan deretan IP Address dari server tempat website kita disimpan, menjadi sebuah nama alfanumerik yang mudah diingat.

F. Referensi

  - https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain
  - MikroTik MTCNA The NetVlops Roadshow 1.pdf