Assalamualaikum Wr.Wb

Hasil gambar untuk grub rescue

A. Pendahuluan

1. Pengertian
         Pasti Kalian pernah menginstall OS DualBoot? apakah sering terdapat trouble shooting seperti ini? oke, Grub loader bisa hilang dikarenakan Grub linux tertindih oleh  OS windows sehingga grub tidak bisa terbaca. jadi kali ini saya akan membagikan Cara FIX mengatasi grub rescue. ok simak baik-baik

2. Latar Belakang
       Sering sekali orang-orang yang ingin menggunakan dualboot namun sering terjadi troubleshooting grub rescue, namun hendak install ulang lagi namun muncul lagi di karenakan grub loader belum di update jadi seakan komputer/ laptop sudah tidak bisa di gunakan lagi.

3. Maksud dan tujuan
         Mengembalikan atau mengUpdate GrubLoader lewat linux.

B. Langkah-langkah 
    Langkah 1: memilih partisi
          Ketahuilah kamu me-root partisi Boot dari live CD, DVD atau USB drive. Coba Ubuntu dari live disk. Buka terminal (Ctrl + Alt + T) dan gunakan perintah berikut:

 sudo su

 fdisk -l 

     Di sini, Anda akan melihat nama drive dan nomor partisi. Seharusnya terlihat seperti sdXY.

      Langkah 2: Pasang partisi root 
     Setelah kamu mendapatkan partisi tempat root telah diinstal, kamu akan memasang partisi root di mana Ubuntu telah diinstal. Gunakan perintah berikut untuk memasangnya:

sudo mkdir /mnt/temp sudo mount /dev/sdXY /mnt/temp

 Langkah 3: Jadikan CHROOT 
     Setelah partisi terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang package tertentu dalam persiapan chroot. Jalankan perintah berikut satu per satu:

 for i in /dev /dev/pts /proc /sys; do sudo mount -B $i /mnt/temp$i; done 

 sudo cp /etc/resolv.conf /mnt/temp/etc/resolv.conf 

 sudo chroot /mnt/temp

      jika perintah di atas sudah berhasil, kamu akan melihat root @ ubuntu: / # di terminal yang menunjukkan bahwa kamu berada dalam mode chroot.

     Langkah 4: Purge package grub 2
          Sekarang ketika kita berada di dalam mode, Saatnya untuk menyingkirkan paket Grub tetapi sebelum itu mari kita perbarui repositori:

 apt-get update apt-get purge grub grub-pc grub-common 

Saat menghapus grub, kamu akan melihat opsi yang menanyakan apakah kamu ingin menghapus paket Grub 2. Tekan TAB untuk memilih Ya. Ini akan disorot setelah dipilih. Tekan enter untuk melanjutkan.

 Langkah 5: Instal ulang paket Grub
          Saat menghapus Grub sebelumnya. Sekarang kita akan menginstal Grub baru . Beberapa hal yang perlu diingat sebelum kmu melanjutkan dengan perintah untuk menginstal Grub  antara lain :
   1. Saat menginstal Grub baru, mesti akan meminta Anda untuk menambahkan opsi kernel tambahan. Cukup tekan TAB untuk pergi ke OK dan tekan enter untuk melanjutkan.
   2. Ini memasuki tahap instalasi. Tekan Tab untuk OK diikuti dengan masuk dan lanjutkan.
   3. pilih opsi dalam format sdX. JANGAN pilih partisi drive dalam format 4 huruf yaitu sda4 dll. Ketika kamu memilih partisi, harus memiliki tanda bintang (*) sebelum seperti [*] sdX. Jika tidak, sorot (dengan tab) dan tekan SPACE untuk memilihnya. Tab OK dan tekan enter.

 Sekarang kita akan menginstal Grubnya tersebut dengan perintah :
 apt-get install grub-common grub-pc 
Perbarui grub dan keluar dari chroot.
 update-grub
 exit
 langkah 6 : Unmount partisi 
    untuk mengUnmount partisi cukup denga perintah :
 for i in /dev/pts /dev /proc /sys; do sudo umount /mnt/temp$i ; done
C. Kesimpulan
     kasus troubleshooting Grub rescue terjadi karena pada saat kita menggunakan linux namun hendak ingin menginstall windows maka grub loader akan hilang dan cara mengembalikan nya hanya mengUpdate kembali grub nya .