A. Pendahuluan
    Asssalamualaikum wr.wb, apa kabar semuanya ? kembali lagi di Di Blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan mensharing pengalaman hari ke - 5 saya mengikuti training MikroTik.


B. Latar Belakang
     Mengikuti training mikrotik MTCNA dan MTCRE.

C. Alat dan Bahan
    1. PC
    2. Internet
    3. MikroTik RB941
    4. Kabel UTP
D. Maksud dan Tujuan
     Mengikuti training MikroTik di BLC Telkom Klaten serta sertifikasi MTCNA dan MTCRE.

E. Pembahasan
     Pada hari ke - 5 ini kita lanjut pembahasan tentang Dynamic Routing OSPF. Pak Ziad menjelaskan kepada kami tentang tips untuk membangun jaringan ospf. Disini saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu OSPF ?. OSPF adalah kepanjangan dari Open Southest Path First yang merupakan sebuah Dynamic Routing protocol link-state yang mencari jalur tercepat berdasarkan distance yang bekerja pada sebuah Autonomous System (AS).

Tips untuk membangun jaringan OSPF :
- Penentuan type network harus tepat. Jika routernya banyak disarankan broadcast karena nantinya akan dipilih DR dan BDR nya.
- Penentuan aera network. apakh area tersebut harus dilakukan redistribute atau tidak semisalkan ada dua area yang berbeda.

   Lalu untuk security pada ospf sendiri bisa diterapkan yang namanya authentication untuk keamanan pada router. Selain itu ada juga interface passive. Nantinya interface yang terhubung ke end devices tidak mengirimkan paket-paket ospf. Jadi bentuk topologi dan ada berapa router dan berapa host tidak terdeteksi sehingga aman. Dalam berkomunikasi ospf menggunakan multicast address 224.0.0.5 dan 224.0.0.6. Untuk 224.0.0.5 digunakan untuk seluruh router dan 224.0.0.6 untuk designated router.

   Setelah pembahasan tentang ospf selesai, dilanjutkan tentang ujian MTCRE. Ujian MTCRE dimulai pada pukul 14:30 wib dan berakhir pukul 20:30 wib. Peraturannya sama seperti ujian MTCNA sebelumnya. Untuk Dokumentasinya adalah sebagai berikut :


F. Refrensi
    Pak Ziad Sobri
    mikrotik.com

Nah itu dia sekian sharing dari saya. Jangan lewatkan sharing selanjutnya dari saya karena training masih berlanjut.

Wassalamualaikum wr.wb