A.Pendahuluan
Image result for tkj  1.Pengertian

Teknik Komputer dan Jaringan merupakan ilmu berbasis Telekomunikasi yang terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer,komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Teknik komputer, dan jaringan juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik, dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan, dan mengintegrasikan perangkat lunak, dan perangkat keras.
  2.Latar belakang
Ingin mendalami apa itu Teknik komputer dan jaringan.
  3.Maksud dan Tujuan
Ingin memahami tentang sistem jaringan komputer, sistem operasi, dan lebih faham tentang Teknik Komputer dan Jaringan.
B.Alat dan Bahan
1.PC
2.Internet
C.Waktu yang di butuhkan
1 jam
D.Pembahasan

     Teknik Komputer dan Jaringan merupakan ilmu berbasis informasi dan komunikasi terkait kemampuan algoritma, pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Teknik Komputer dan Jaringan membutuhkan pemahaman dibidang teknik listrik dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan, dan mengintegrasikan perangkat lunak dan perangkat lunak dan perangkat keras.

     Komputer merupakan sebuah alat yang digunakan  untuk pengolahan data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan. Maksut dari pengolahan data sesuai dengan prosedur yang telah dirumuskan adalah seorang user yang sedang menggunakan komputer (mengolah data) sesuai dengan keinginan dari user tersebut (Prosedur yang telah dirumuskan).

     Jaringan Komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memunkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Bagian-bagian pada komputer dapatb meminta (client) dan melayani (server). Dua buah komputer masing memiliki sebuah kartu jaringan kemudian dihubunkan dengan kabel sebagai media transmisi maupun nirkabela dan perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membuat jaringan komputer yang sederhana. Jika ingin mrmbuat jaringan yang lebih luas jangkauannya, maka dibutuhkan peralatan tambahan seperti Hub, Switch, Bridge, Router, Gateaway sebagai peralatan interkoneksi. 

     Sistem operasi komputer pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai sistem dasar pada sebuah perangkat. Sistem operasi merupakan salah satu perangkat yang memastikan kerja perangkat keras bisa berjalan sebagaimana mestinya sekalaigus juga menjalankan fungsi software.


E.Kesimpulan
jadi TKJ itu tidak hanya cuma ngoprek Komputer saja, akan tetapi jaringan, pemograman, dan segala hal yang berbau jaringan itu mencangkup dalam TKJ.
F.Referensi