Assalamualaikum wr.wb

A. Pendahuluan

Image result for presentation layer wiki

     1. Pengertian 
                   OSI Layer adalah sebuah arsitektur jaringan yang di kembangkan oleh badan                            International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI                            sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection.
                   Presentation layer adalah lapisan keenam dari bawah dalam OSI. Pada lapisan ini terjadi          pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat                  ditransmisikan melalui jaringan. Lapisan ini juga bertanggungjawab untuk melakukan enkripsi            data, kompresi data, konversi set karakter. Interpretasi perintah-perintah grafis, dan                              beberapa lainnya.

     2. Latar belakang
         Bisa mengetahui Peran Presentation di OSI Layer dan mengetahui dan memahami apa                         itu Presentation Layer.

     3.Maksud dan tujuan
        Yang sebelumnya tidak tau dan menjadi tau apa itu Presentation Layer dengan membaca dan               memahami.

B. Jangka Waktu pelaksanaan
     -+ 4 Jam membaca serta memahaminya.

D. Pembahasan
      1. Definisi
                 Presentation layer adalah lapisan keenam dari bawah dalam OSI. Pada lapisan ini terjadi              pembuatan struktur data yang didapatnya dari lapisan aplikasi ke sebuah format yang dapat                  ditransmisikan melalui jaringan. Lapisan ini juga bertanggungjawab untuk melakukan enkripsi            data, kompresi data, konversi set karakter. Interpretasi perintah-perintah grafis, dan                              beberapa lainnya.
       2. Tugas Presentation Layer
           - Bertanggung jawab atas pengiriman dan pemformatan informasi ke lapisan aplikasi                              untuk diproses lebih lanjut atau ditampilkan
           - Melakukan pengamanan dengan enkripsi data atau pesan.
           - Melakukan pemformatan data dalam bentuk grafis.
           - Melakukan proses kompresi pada dari pengirim dan dekompresi dari penerima.
        3. Protokol yang ada di Presentation Layer
           - VTP (Virtual terminal protocol), Berfungsi untuk membuat, memelihara struktur data, serta               melakukan proses translating atau penterjemahan dari terminal menjadi bentuk standar                         yang umum digunakan.
          -  SMTP (Simple Mail Transfer Protokol), Sangat berkaitan dengan Mail, seperti membantu                 user dalam mengakses email.
          -  Telnet (protokol akses terminal jarak jauh), Untuk meremote atau mengakses terminal
             jarak jauh.
         -   SNMP (Simple Network Management Protocol), Melakukan proses manajemen dan                           pengaturan jaringan agar dapat berjalan dengan baik.
         -   RPC (Remote Procedure Call), digunakan pemanggilan jarak jauh pada proses komunikasi                 di dalam jaringan.

         -   Tox , Protokol Tox kadang-kadang dianggap sebagai bagian dari lapisan presentasi dan                       aplikasi.

F. Kesimpulan
   Jadi kita paham apa itu presentation layer dan tugas pokoknya yaitu mendefinisikan data dalam           jaringan komputer.
G. Referensi 
https://en.wikipedia.org/wiki/Presentation_layer
https://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/presentation-layer-jaringan-komputer
https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI