Assalamualaikum wr.wb

A. Pendahuluan
Image result for data link layer wikipedia ensiklopedia     1. Pengertian
                   OSI Layer adalah sebuah arsitektur jaringan yang di kembangkan oleh badan                            International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI                            sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection.  


                    Data Link Layer adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat                    melakukan konversi frame - frame jaringan yang berisi data yang mendeteksi kesalahan dan                pentransmisian ulang terhadap frame yang gagal. MAC address lah yang di implementasikan di          dalam lapisan Data Link ini. 
     2. Latar Belakang
         Supaya kita Bisa memahami dan mengetahui peran penting yang Terkandung dalam                             lapisan Data Link, agar kita bisa membedakan lapisan Data Link dan lapisan - lapisan osi                     layer lainya.
     3. Maksud dan tujuan
         Apabila kita mempelajari OSI Layer maka, kita akan bisa mempermudah saat melakukan                     pembangunan jaringan, karena OSI Layer adalah sebuah patokan dalam pengimplementasian               saat melakukan pembangunan jaringan.
B. Jangka waktu pelaksanaan
     -+ 2 jam berserta Pemahaman.
C. Hasil yang di dapat
     Kita bisa menguasai semua isi yang terkandung dalam Data Link tersebut.
D. Pembahasan
       Data Link Layer adalah lapisan ke dat dari bawah dalam model OSI, yang dapat                             melakukan konversi frame - frame jaringan yang berisi data yang mendeteksi kesalahan dan               pentransmisian ulang terhadap frame yang gagal. MAC address lah yang di implementasikan di           dalam lapisan Data Link ini. Ciri yang terpenting dalam Data Link yaitu di bagian fisik                       mempunyai alamat tersendiri.
   Nah, kalian pasti pernah dengar dengan istilah MAC Address yang ada di komputer? nah MAC           address lah yang berperan di lapisan Data Link,jadi sudah mengacu pada lapisan layer ini.

       Tugas utama dari data link layer adalah sebagai fasilitas transmisi data mentah dan mentransformasi data tersebut ke saluran yang bebas dari kesalahan transmisi. Sebelum diteruskan ke Network Layer, lapisan data link melaksanakan tugas ini dengan memungkinkan pengirim memecah-mecah data input menjadi sejumlah data frame. Kemudian lapisan data link mentransmisikan frame tersebut secara berurutan dan memproses acknowledgement frame yang dikirim kembali oleh penerima. Karena lapisan fisik menerima dan mengirim aliran bit tanpa mengindahkan arti atau arsitektur frame, maka tergantung pada lapisan data-link-lah untuk membuat dan mengenali batas-batas frame itu.

       Fungsi Data Link yaitu :
 - menyediakan akses melalui MAC Address
 - melakukan pendeteksian pengiriman paket dan pengoreksian paket data
 - Mengubah paket data yang dahulunya byte,dan menjadikan frame

      Protocol - Protocol yang digunakan lapisan Data Link :
 - PPP ( Point to Point Protocol )
   protocol yang digunakan utu point to point pada suatu jaringan.
 - SLIP ( Serial Line Internet Protocol )
   protocol yang digunakan untuk menyambungkan serial.

E . Kesimpulan
      kita harus tau dimana barang buatan pabrik pasti barang tersebut sudah terdapat sebuah MAC              Address supaya barang tersebut memiliki ID.
F. Referensi
  https://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/data-link-layer-jaringan-komputer
  https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI