A.Pendahuluan
 1. Pengertian
     Mikrotik dibuat oleh MikroTikls sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia. Latvia adalah sebuah negara yang merupakan “pecahan” dari negara Uni Soviet dulunya atau Rusia sekarang ini. Mikrotik awalnya ditujukan untuk perusahaan jasa layanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya menggunakan teknologi nirkabel atau wireless. Saat ini MikroTikls memberikan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan akses Internet dibanyak negara di dunia dan juga sangat populer di Indonesia. MikroTik sekarang menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara di seluruh dunia. Produk hardware unggulan Mikrotik berupa Router, Switch, Antena, dan perangkat pendukung lainnya. Sedangkan produk Software unggulan Mikrotik adalah MikroTik RouterOS.
     2. Latar Belakang
         kita harus bisa mengkonfigurasi mikrorik dengan sistem CLI agar kita sedikit demi sedikit bisa menguasi mikrotik.
     3. Maksud dan tujuan
         agar kita bisa menguasi mikrotik dengan mengkonfigurasi mikrotik dengan sistem CLI.
B. Jangka waktu pelaksanaan
     5 menit
C. Alat Dan bahan
   - Laptop
    -Charger
    -Monitor (tidak perlu juga tidak apa-apa, karena monitor laptop saya rusak)
    -VirtualBox
    -Router MikrotikOS
C. Hasil yang di dapat
    kita bisa mengkonfigurasi mikrotik dengan sistem CLI.
D. Pelaksanaan Dan Tahapan
  1. Pertama kita harus masuk ke Virtualbox terlebih dahulu, dan kemudian kita akan membuat project pada virtualbox. seandainya sudah masuk virtualbox pilih Icon yang ada tulisanya "New".

   2. Apabila sudah melewati tahapan yang seperti diatas, lalu kita akan mengganti nama sesuka kita dan kita harus mengganti type " Linux" (apabila kalian pake OS Linux) dan jangan lupa juga Versinya di ganti sesuai prosedur yang ada. kalau sudah selesai langsung Next >

  3. Setelah itu kita harus mengatur ukuran memori yang ingin di pakai untuk melakukan installasi mikrotik ini sesuai yang di rekomendasikan. Apabila sudah selesai tinggal di Next >

   4. kemudian kta seperti membuat partisi pada hardisk untuk Router mikrotikOS yang ingin kita install nantinya. kalau sudah selesai langsung Create

  5. kemudian kita memilih type file yang akan kita pilih, tapi yang rekomendasi yaitu "VDI (Virtualbox Disk Image). kalau sudah selesai tinggal di Next>

   6. keamudian kita harus memberikan ukuran dan lokasi file iso Router MikrotikOSnya ,namun kita memberikan ukuran pada Router MikrotikOSnya seperti step nomer 3. langsung Create


    7. Nah kita sudah selesai pembuatanya , lalu kita tinggal memulai installasi Router MikrotikOS dengan mengklik icon Start sesuai yang di tunjuk.


    8. Kalau kita sudah mengklik Start maka akan muncul seperti ini, dan kita disini untuk mengambil MikrotikOSnya yang kita simpan di dokumen kita.


   9. Dan apabila kita sudah menggambil Router MikrotikOS yang di simpan di Dokumen kita, maka yang tadinya Host Drive kini menjadi nama Router MikrotikOS nya. Kalau kita sudah selesai maka kita tinggal Start untuk memulainya.


   10. kalau sudah di Start maka Tampilan Router MikrotikOSnya akan muncul dan di RouterMikrotikOSnya ada perintah yang tertulis disitu, apabila kita akan mengeblok semua maka kita tinggal pencet 'a' lalu apabila kita akan mengingstall langsung tinggal pencet 'i' .


    11. kalau kita sudah pencet 'i' maka akan muncul tulisan pada kolom di gambar, itu tandanya apakah kita akan meneruskan konfigurasi yang lampau atau tidak,,seandainya ingin meneruskan konfigurasinya tinggal pencet 'y' kalau tidak 'n'. kalau sudah maka ada tulisan Continue maka kita pencet 'y'.


    12. Kita tadi sudah melanjutkan Router MikrotikOS akan mengingstall dan apabila sudah ada tulisan "Software Installed Press ENTER to reboot" kita jangan enter dulu, kita harus mencopot MikrotikOSnya seperti halnya kita menginstall ulang OS di laptop apabila sudah selesai baka Flashdisk/CD Drive harus di copot. nah cara kita mencopot Router MikrotikOSnya, kita klik kanan icon CD di bawah, lalu kita di hapus centang pada Router MikrotikOSnya.


    13. kalau kita kita sudah menyelesaikan step nomer 13 maka akan muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini. langsung kita klik "Force Unmount" untuk melanjutkan.


     14. Nah Kita sudah selesai install Router MikrotikOSnya..



Nah, mudah kan untuk menginstall mikrotikOS di Virtualbox.

E . Kesimpulan
Apabila kita hendak mengoprek mikrotik tapi tidak ada routerboardnya maka kita bisa menggunakan MikrtikOS sebagai gantinya.

F. Referensi
    https://mikrotikindo.blogspot.com/2013/02/apa-itu-mikrotik-pengertian-mikrotik.html