A. Pendahuluan
Image result for telekomunikasi
          1. Pengertian 
              Telekomunikasi adalah sebuah komunikasi dengan cara jarak jauh tanpa face to face atau berhadap hadapan,sebagai contoh Saat bertelepon antar daerah dan Radio Amatir.
          2. Latar Belakang
              Sebelum kita berkomunikasi kepada orang lain, seharusnya kita harus tau terlebih dahulu apa itu komunikasi, apabila sudah tau dah paham komunikasi baru kita bisa berkomunikasi kepada orang lain.
          3. Maksud dan tujuan
              Komunikasi Dalam kehidupan sehari-hari sangat penting untuk umat manusia, jadi kita berlu berkomunikasi kepada orang lain dan bisa mengerti apa itu komunikasi.
          4. Hasil yang diharapkan
              Kita bisa berkomunikasi dengan lancar dan bisa memahami makna komunikasi dan telekomunikasi.

B. Jangka Waktu Pelaksanaan
2 jam+

C. Pembahasan
   a. Definisi
     Telekomunikasi adalah sebuah komunikasi dengan cara jarak jauh tanpa face to face atau berhadap hadapan,sebagai contoh Saat bertelepon antar daerah dan Radio Amatir.

   b. Komponen dasar Telekomunikasi
       - Informasi = merupakan data yang dikirim berupa gambar, vidio, suara, dan file.
       - Pengirim = titik pusat yang ingin mengirimkan data pada penerima.
       - Media Trasmisi = ketika pengirim data menggunakan gelombang radio, kemudia di ubah menjadi gelombang elektromagnetik dan setelah itu di pancarkan oleh antena, agar terkirim dengan jarak jauh.
       - Penerima = menangkap sinyal elektromagnetik yang kemudian masuk ke antena dan meneruskan lewat kabel, kemudian diproses data tersebut yang di kirim oleh si pengirim dan mudah di pahami oleh sang penerima.

    c. bentuk - bentuk telekomunikasi
  • Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Pager, Televisi dan radio
  • Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Telepon dan VoIP
  • Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh: Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.

     d. Alat Telekomunikasi pada masa ke masa  
   1. Burung 
Image result for burung merpati
       Merupakan sarana alat telekomunikasi yang di pakai oleh Sultan Bagdad, Nurudin pada tahun 1416. Pada saat itu beliau mengirim surat dengan seluruh rakyatnya dengan burung Merpati, karena burung merpati itu sangat pintar karena burung merpati memili daya ingat yang kuat dan naluri nya juga.
   2. Telegraf
Image result for telegraf
       Ini salah satu alat komunikasi yang di temukan oleh Samuel F.B Morse warga Amerika Serikat pada tahun 1837.namun tidak semua orang bisa memakai sarana ini dikarenakan Telegraf menggunakan sandi Morse dan pada saat itu banyak orang yang belum paham dengan sandi morse. Namun, semakin berkembang alat ini banyak di gunakan berkomunikasi pada saat berperang. Dan Alat ini masuk di indonesia pertama kali pada 23 oktober 1855 yang menghubungkan Batavia ( Jakarta ) , singapura, jawa dan Australia.
    3. Telepon Rumah
Image result for telepon rumah
        Telepon rumah pertama kali di temukan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Telepon ini pertama di gunakan pada tahun 1882 yang di selenggarakan pada pihak swasta. seiring berkembang Jaringan telepon ini di perluas dan  tahun 1967, PT Indosat mulai meembangun jaringan  thelepon gelombang mikro. Selanjutnya, tahun 1976, satelit Palapa A-1 diluncurkan sehingga mengungkinkan jaringan telephon Indonesia meluas hingga mencapai luar negara.
    4. Telegram
Image result for telegram
        Telegram baru dipopulerkan pada tahun 1920-an. telegram barisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh telegraf. Telegram ini tarif mengirimannya lebih murah dari telephon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan jumlah karakter termasuk tanda baca. Namun waktu yang dibutuhkan pun sangat singkat, kurang dari satu hari, tidak seperti surat. Di Indonesia, telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Ada dua jenis telegram, telegram biasa dan Indah. Tetegram biasa berwarna biru muda, sedangkan telegram indag biasa dikirmkan pada hari-hari khusus seperti hari raya ratau tahun baru.
     5. Pager
Image result for pager
        Pager adalah Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja, khas layaknya sebuah nomor telepon yang digunakan penggunanya untuk menelepon. Radio panggil alphanumerik juga tersedia dengan sistem dua arah dapat mengirim pesan melalui surat elektronik atau SMS (short message service).
Radio panggil (pager) sudah jarang ditemukan di peredaran dunia bisnis. Persaingan alat komunikasi yang murah dengan layanan yang semakin canggih, makin tidak terlihatnya keberadaan radio panggil ini. Walaupun dia adalah jejak tertua barang teknologi purbakala pada abad ini, tetapi masih tetap terpakai. Terutama pada mereka yang bergerak di bidang jasa terutama di jasa informasi dan jasa kesehatan. Radio panggil adalah barang yang harus dipatuhi, dia selalu menerima pesan apapun, alasan apapun yang dibuat untuk menghindari pesan di radio panggil, selalu menjadi tidak beralasan.
     6. Email
Image result for email

         Merupakan sarana mengirim surat melalui jaringan komputer, misalnya internet. Surat elektronik mulai dipakai pada tahun 1960-an. Saat itu internet belum terbentuk, tetapi surat terkirim melalui jaringan yang berbentuk dari kumpulan “mainframe”. Mulai tahun 1980-an mulai bisa dipakai oleh umum.
     7. Internet

Image result for internetRangkaian yang membentuk iuternet (kependekan dari interconnected-networking) diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET. Rangkaian ini dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Tahun 1983. ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP, yang merupakan awal dari internet yang kita kenal. Di Indonesia, sejarah internet dimulai pada awal tahun 1990-an.
Tahun 1992 hingga 1994, beberapa nama muncul diawal pembangunan internet salah satu diantaranya Onno W. Purbo. Tahun 1994 IndoNet menjadi ISP (Internet Serveci Provider) komersial pertama di Indonesia. Saat ini pihak Pos dan Telekomunikasi belum melihat celah bisnis internet. Mulai 1995 mucul jasa akses Telnet ke luar negeri, sehingga pemakai internet di Indonesia bisa mengakses internet (HTTP).
     8. Telepon Gengam
Image result for telepon genggam
         Telepon genggam atau telepon seluler (disingkat ponsel) atau handphone (disingkat HP) adalah perangkat Telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (bahasa inggrisportable atau mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (jadi komunikasi nirkabel, bahasa inggriswireless communication). Saat ini, Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access). Badan yang mengatur telekomunikasi seluler Indonesia adalah Asosiasi Telekomunikasi  Seluler Indonesia (ATSI).
      9. Massager Group Chat
Image result for grup whatsapp
Hampir sama seperti pesan instan, namun diaplikasikan kedalam sebuah handphone atau smartphone yang berteknologi tinggi. Ini bisa menggantikan penggunaan layanan SMS yang lebih komplit disertai dengan fitur-fitur menarik dan notifikasi. Ada banyak sekali aplikasi chat yang sangat terkenal, sebagai contoh Blackberry Messenger, Whatsapp, Ebuddy, Mig33, Nimbuzz dan masih banyak sekali yang tidak bisa disebutkan satu per satu.

E. Hasil yang didapat
     kita bisa tau dan paham teknologi telekomunikasi pada jaman dahulu sampai sekarang, dan memiliki perbedaan dan pada masa ke masa selalu berkembang dengan pesat teknologi telekomunikasi.

F. Temuan Permasalahan
    Saya belom bisa menjalani komunikasi dengan baik kepada seseorang.
G. Kesimpulan
     Kita paham dan mengerti apa itu Telekomunikasi dan mengenal sarana - sarana telekomunikasi pada masa ke masa.
H. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Radio_panggil
https://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik
https://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam
https://doethinebsscid.wordpress.com/sejarah-perkembangan-telekomunikasi-masa-ke-masa/