Assalamualaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan
   1. Pengertian
             Komunikasi adalah sebuah pesan singkat yang di lakukan oleh dua orang atau dengan adanya pengirim dan penerima sehingga dapat dipahami.
sedangkan Telekomunikasi, Tele adalah jauh, jadi Telekomunikasi adalah sebuah komunikasi dengan cara jarak jauh tanpa face to face atau berhadap hadapan,sebagai contoh Saat bertelepon antar daerah dan Radio Amatir.
   2.  Latar belakang
dalam bidang IT, Telekomunikasi sangat lah penting.
   3. Maksud dan Tujuan
untuk  memahami telekomunikasi di bidang IT.
   4. Hasil yang di harapkan
Bisa dan mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar.
C. Jangka waktu pelaksanaan
2 jam Pemahaman
D. Pembahasan 

Seorang IT harus mengetahui komunikasi dan telekomunikasi dalam bidang IT. Namun dalam bidang IT, konsep tersebut tidak hanya berkaitan dengan permasalahan teknis, karena hal tersebut juga sangat berkaitan dengan lingkup komunikasi sosial seorang IT, setelah hal tersebut telah bisa dan dikuasai baru dikatakan layak untuk membangun komunikasi tingkatan lebih lanjut yaitu telekomunikasi secara teknis seperti membangun jaringan.

1.  Untuk dapat berkomunikasi harus banyak baca.
Banyak orang yang meremehkan manfaat membaca, padahal dari apa yang kita baca akan menjadi apa yang kita dapat, semakin banyak membaca semakin banyak mendapat, termasuk dalam aspek pengetahuan, wawasan dan cara berfikir. Maka dari itu, semakin banyak kita membaca maka komunikasi  kita akan semakin baik karena wawasan kita semakin luas, rasa ingin tau kita akan meningkat dan cara berfikir kita akan aktif dengan lingkungan yang membuat kita membutuhkan komunikasi untuk dapat berkembang.
2. Jadilah pendengar yang baik.
Ketika seseorang mampu mendengar dengan baik apa yang dibicarakan lawan bicara, hal tersebut akan membuat pendengar dapat menerima informasi secara maksimal, dan mengetahui kekurangan maupun hal lain yang perlu di respon, hal ini akan membentuk komunikasi yang baik.
3. Jangan takut mencoba.

Banyak orang susah berbicara dengan sosial, namun setelah mempraktekan kedua point diatas hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk dapat berkomunikasi dengan baik adalah dengan mencoba, karena pada dasarnya banyak orang yang pandai public speaking, banyak dari mereka awalnya takut berbicara didepan umum, dan hal yang mereka lakukan hanya mencoba dan akhirnya bisa karena terbiasa.

dalam bentuk telekomunikasi di bedakan menjadi 3 yaitu :
  • Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Pager, Televisi dan radio
  • Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh: Telepon dan VoIP
  • Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh: Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.
E. Kesimpulan
Kita Harus paham Komunikasi ataupun Telekomunikasi Sebelum mempraktekan berkomunikasi antar seseorang atau lainya.
F. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi