A.Pendahuluan
1. Pengertian
Cisco Systems, Inc. adalah konglomerat teknologi multinasional Amerika yang berkantor pusat di San Jose, California , di pusat Lembah Silikon , yang mengembangkan, memproduksi dan menjual perangkat keras jaringan , peralatan telekomunikasi , serta layanan dan produk teknologi tinggi lainnya.
Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama.
Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing . Protokol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.
Dynamic Host Configuration Protocol ( DHCP ) adalah protokol manajemen jaringan yang digunakan pada UDP / IP jaringan dimana server DHCP dinamis memberikan sebuah alamat IP dan parameter konfigurasi jaringan lain untuk setiap perangkat pada jaringan sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan jaringan IP lainnya.

2. Latar belakang
 materi yang di berikan oleh trainer yaitu konfigurasi dasar telnet, ssh dan DHCP.untuk itu saya menggunakan software simulasi yaitu "cisco packet tracer 7.1.1" agar lebih mudah membuat topologi terlebih dahulu.

3.Maksud dan tujuan
untuk mengkonfigurasi Telnet ,ssh dan Dhcp.

B.jangka waktu
3 jam

C.Alat dan bahan
-Laptop / PC
-Cisco packet tracer

D.Tahapan konfigurasi
 1. Konfigurasi Dasar
* Buat lah topologi Seperti di atas
*Jadikan 1 komputer untuk meremote switch dan router, untuk itu hubungkan ke switch dengan kabel
straight, dan ke router dengan kabel console. Lalu double klik dan yang dilingkaran merah adalah hal
perlu dikonfigurasi.

*Lakukan setting Ip yang sudah di tentukan


*Lakukan Konfigurasi dasar seperti gambar di atas

2.Konfigurasi Telnet
* Konfigurasi Telnet untuk router seperti dibawah ini, untuk switch yang berbeda hanya pemasangan
address.
IPnya, yaitu "interface vlan 1".
 3.Konfigurasi SSH


E.Kesimpulan
Konfigurasi Cisco berbasis CLI bukan berarti sulit, karena jika telah memahami perintah-perintahnya, dan memahami alur cara kerja perangkat pasti bisa konfigurasi.

F.Referensi